LAZIS Sabilillah Tambah Armada Volunteer Baru

MALANG-Dalam rangka persiapan menyambut bulan ramadhan, LAZIS Sabilillah adakan MOV (masa orientasi volunteer) baru 2021 pada Minggu (28/3/2021) di Rumah Yatim Sabilillah, Jl. Piranha Atas no 161. A Tunjungsekar Lowokwaru.

Proses penerimaan volunteer ini melalui beberapa tahap. Pertama, yakni pendaftaran yang dilakukan secara online. Dilanjutkan dengan screening yang merupakan tahap awal dalam pengenalan sekaligus penggalian potensi calon volunteer. Terakhir, adalah masa orientasi volunteer sebagai pembakalan dasar volunteer untuk mengetahui lebih dalam tentang lembaga LAZIS Sabilillah.

Agenda ini berisi beberapa materi. Diantaranya adalah sejarah Yayasan Sabilillah dan ke-LAZIS Sabilillah, Digitalisasi LAZIS Sabilillah dan service excellence. Selanjutnya, acara diakhiri dengan fun game sebagai ruang peserta untuk saling akrab dan kompak satu sama lain.

Menurut Ahmad Alhady Muslim selaku ketua panitia penerimaan volunteer, pembukaan pendaftaran volunteer ini mendapatkan antusias yang tinggi bagi kalangan anak muda. Tercatat 29 pendaftar yang terdiri dari siswa SMA sampai mahasiswa mendaftar sebagai volunteer melalui pengisian Google Form. “dari data yang masuk 90% nya adalah mahasiswa dari kampus mayor di kota Malang. Ini adalah modal kuat kami untuk menuju kualitas SDM yang unggul,” terang Hady

Ia menambahkan, jumlah pendaftar volunteer mengalami penrunan yang signifikan. Jika angkatan tahun lalu sampai pada angka 90 lebih, namun di tahun ini setengahnya pun tidak mencukupi. Ia sadar jika pandemi covid merupakan alasan utama terjadinya penurunan. Namun, Ia optimis, jika jumlah sedikit tidak mengurangi semangat membangun solidaritas antar volunteer.

”mungkin karena pandemi jadi sedikit. Disisi lain, kita juga memberikan persyaratan yang agak ketat seperti batas usia dan belum menikah, sehingga lebih tersaring,” Tutur Hady

Ketua Lazis Sabilillah Dr. Abdul Adzim Irsad, Lc, M.Pd saat membuka MOV menerangkan salah satu tanda kesuksesanan seseorang adalah dengan selalu menyandarkan semuanya kepada Allah SWT. Dalam penjelasan “Menjadi Volunteer LAZIS Sabilillah” yakni bagian dari dakwah dan bertujuan menjadi bagian makmurkan Masjid Sabilillah.

Alwan Tafsiri Al-izza selaku penanggung jawab volunteer juga menjelaskan, keadiran volunteer sangat membantu dalam mensukseskan program lembaga terutama dalam sisi pendistribusian dana ZIS. Selama ini mereka sangat senang bisa ikut membantu dan berkumpul dengan para binaan LAZIS Sabilillah.

“karena niat awal mereka adalah murni untuk sosial, sehingga bergeraknya juga dari hati. Mula dari santunan rutin, kegiatan ramadhan, idul adha volunteer selalu kita libatkan. Dan kita suda seperti layaknya keluarga.” tuturnya

Penanggung jawab sekaligus koordinator kantor LAZIS Sabilillah Piranha ini juga berharap besar kepada tenaga baru volunteer LAZIS Sabilillah terutama dalam menyambut bulan Ramadhan ini. “biasanya giat paling sibuk kami adalah ketika ramadhan yakni penerimaan zakat. Karenanya, adanya volunteer baru bisa jadi tambahan tenaga yang fresh untuk kesuksesan lembaga,” terang Ust. Alwan (Malik)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *