Zakat Video Call LAZIS Sabilillah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

LAZIS Sabilillah sangat berupaya selalu untuk memberikan pelayanan terbaik kepada muzaki dan donatur dalam menyalurkan hartanya kepada LAZIS Sabilillah untuk di salurkan kembali kepada mustahik yang membutuhkan melalui program-program yang ada. Sejak tahun tahun sebelumnya pelayanan penerimaan Zakat Infaq, Shodaqoh (ZIS) sudah di lakukan yakni pembayaran ZIS melalui rekening, penerimaan langsung di kantor dan jemput zakat juga tersedia mesin EDC dan dompet digital untuk pembayaran ZIS non tunai.

Dalam situasi yang sekarang ini (pandemik virus) yang tentunya masyarakat dihimbau tidak berkumpul, tidak bertemu dalam semua aspek kepentingan untuk mengurangi dampak penyebaran virus yang lebih cepat. LAZIS Sabilillah sebagai bentuk adaptasi pada perkembangan zaman dengan segala kemajuan teknologinya namun tanpa mengubah kebiasaan dalam LAZIS menerima pembayaran zakat yakni rukun atau syarat sahnya membayar zakat. Kebiasaan LAZIS dalam menerima dana zakat selalu memberikan do’a sebagai kesempurnaan dalam menerima zakat. LAZIS Sabilillah memberikan pelayanan video call pembayaran zakat, shodaqoh, ataupun fidyah secara online. Jika dulu kita harus datang langsung untuk menyerahkan zakat fitrah beserta akad dan do’anya, maka sekarang kita bisa membayarnya secara online. Setiap orang yang hendak membayar zakat maal, zakat fitrah, shodaqoh maupun fidyah bisa membayarnya tanpa harus meninggalkan rumah. Cukup dengan mentransfer uang via rekening bank yang sudah tersedia serta melakukan konfirmasi maka setelahnya muzakki (orang yang berzakat) akan menerima panggilan video untuk akad serah terima dan doa’nya.

Hal ini tentunya akan sangat mempermudah para muzakki untuk tetap membayar zakat tanpa meninggalkan rumah, terlebih saat ini terjadi pandemi COVID 19 sehingga pemerintah menghimbau untuk tetap berada dirumah untuk beberapa waktu, segala aktifitas dibatasi dan kita harus menghindari terjadinya kerumunan utuk menghindari penyebaran virus ini. Namun lepas dari itu memang sejak lama LAZIS sabilillah telah merencanakan untuk membuat layanan zakat online video call ini dalam rangka mempermudah dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar zakat.

“Selama ini kami cukup dekat dengan para donator” ungkap Mafaza (bag Keuangan), banyak yang mengaku merasa nyaman ketika pembayaran langsung ke kantor LAZIS, selain bisa bersilaturrahim, bisa konsultasi langsung sekaligus dapat barokah do’a, kami akan pertahankan itu dengan video call jika muzaki sudah mentransfer pembayaran ZIS nya dan mengkonfirmasi pada kami. Namun jika muzaki yakin dan tetap menyalurkan ZIS nya ke kantor LAZIS, kami pun sangat menghormati dan mempersilahkan , karena sesungguhnya sedekah itu akan menghalau dari segala musibah dan bencana yang akan datang. ungkap Mafaza lanjut.

Beberapa rekening dari berbagai bank telah disiapkan sebagai pilihan, tentunya zaman sekarang masyarakat sudah tidak asing lagi dengan mobile banking, internet banking, sms banking hingga dompet digital, memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut tentunya ini sangat membantu peran dari lembaga amil zakat untuk menghimpun zakat dari muzaki dengan segala kemudahannya, karena lembaga amil zakat hari ini sangat dituntut untuk inovatif dan pro aktif dalam meberikan pelayanan kepada muzaki dan donatur, dari itulah maka dimunculkan program Zakat Video Call. (*)

Leave a Replay