Andika, Binaan LAZIS Sabilillah Terpilih Menjadi Mahasiswa Pertukaran di Bali

Jika seseorang seringkali menginginkan berkuliah di kampus luar negeri, maka berbeda dengan Binaan LAZIS Sabilillah satu ini.

Ia adalah Andika Cahya Pamungkas. Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan jurusan Ilmu hukum di Universitas Islam Malang ini  tengah mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 4 di Universitas Udayana Bali.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2023 (PMM 3) merupakan sebuah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman.

Menurutnya , dengan mengikuti PMM ini seseorang bisa lebih mengenal negeri ini lebih dekat. Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka mengadakan Modul Nusantara di setiap minggunya, sehingga memberikan pengalaman baru terhadap nilai-nilai kebhinekaan (keberagaman suku, agama, kepercayaan, kebudayaan, dan bahasa).

“Mengenal negeri ini lebih dekat,” ucapnya.

Andika Cahya Pamungkas atau yang sering disapa dengan panggilan dika ini, tak lupa pula untuk memberikan tips dan trik untuk bisa lolos dalam proses PMM.

Menurutnya, hal yang pertama  ketika iagar bisa lolos Pertukaran Mahasiswa Merdeka yaitu harus sudah mendaftar akun pmm dari jauh jauh hari sebelum pemberkasan. Sebab, jika waktunya sudah mepet dari pemberkasan, biasanya bot di telegram itu mengalami kendala/lemot

“Lalu, Siapkan lah berkas berkas yang dibutuhkan, seperti transkrip nilai, surat pertanggung jawaban mahasiswa dll, sebelum hari upload di buka di website PMM tersebut,” tambahnya.

Kemudian, Ketika mendaftar PMM disana ada test kebhinekaan dan juga test VCAT, alangkah lebih baik nya itu tanya dulu dengan kating/alumni PMM Batch sebelumnya tentang tes tersebut.

Jika tidak mempunyai kenalan kating (kakak tingkat) atau alumni PMM Batch sebelumnya, pendaftar bisa melihat di youtube. Disitu banyak sekali contoh contoh soal yang akan diujikan di dalam tes tersebut.

“Kalau dari aku pribadi, aku mempunyai kenalan kating, dia itu alumni PMM 2 jadi aku tanya tanya dan juga aku melihat di youtube,” imbuhnya.

Terakhir, pastikan kamera di laptop pendaftar bisa menyala. Sebab, ketika test, itu ada wajah kita di sana, jika tidak menyala maka akan dipastikan tidak lolos PMM

Proses yang panjang dan tidak mudah ketika pendaftaran PMM, membuat ia semakin yakin bahwa cita – cita nya menjadi Konsultan Hukum juga bisa digapai asalkan ia selalu percaya bahwa Usaha tidak akan menghianati hasil.

“Tetaplah melangkah meskipun kamu ragu, takut, sedih dan lain sebagainya. Dikarenakan ketika kamu selalu melangkah kamu akan menemukan banyak moment, banyak pelajaran yang akan kalian dapatkan, itu semua akan menjadi bekal untuk menuju kesuksesan. Dan jangan lupa untuk tetap meminta doa kepada orang tua. Doa orang tua adalah doa yang paling istimewa, dan pasti dikabulkan oleh Allah swt.” Penutup kata darinya untuk Binaan LAZIS Sabilillah

Pewarta : Novita Sari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts