Bengkel Hati

17 Desember 2012, selepas Isya’ masyarakat umum dan jama’ah muslimin-muslimat berbondong-bondong menuju ke Masjid Sabilillah. Mulai dari pukul 17.00 sebagian jama’ah sudah hadir khususnya yang berasal dari luar wilayah Kota Malang. Sungguh semangat yang luar biasa. Yah, tak lain karena pada malam itu akan dilaksanakn doa bersama dan tausiyah oleh Ir. Djoko Ismanu Herlambang, atau yang lebih akrab dengan panggilan ustadz Danu.

Ustadz sekaligus pengasuh majlis Bengkel Hati yang selalu on air di salah satu stasiun televisi swasta pada setiap hari Minggu pagi. Beliau mendapatkan tempat dihati sekian banyak jama’ah karena tak lain dan tak bukan kelebihan beliau dalam mempelajari serta mendalami Al Qur’an khususnya yang erat kaitannya dengan penyakit, kesehatan serta akhlak manusia. Khususnya hati.

Pada malam itu, dari ratusan jama’ah yang hadir secara langsung untuk dapat berkonsultasi dengan beliau setidaknya hampir 20’an orang yang mendapat kesempatan pada saat beliau bertausyiyah didalam masjid Sabilillah. Mulai dari penyakit-penyakit ringan, masalah penyakit kulit, penyakit pusing kepala hingga pasangan yang belum mempunyai keturunan dan penderita kelumpuhan mendapatkan kesempatan untuk memperoleh solusi tentang masalah-masalah dan penyakit tersebut.

Berikut sedikit cuplikan tausiyah Ust. Danu ; Memang Sehat adalah salah satu nikmat Allah yang di berikan kepada manusia. Sehat adalah modal utama untuk beribadah kepada Allah, maka sehat bernilai tak terhingga dibanding isi dunia. Bagaimana kita bisa sholat kalau kepala sakit, bagaimana kita bisa nyaman beribadah kalau badan kita sakit.

Dalam Alqur’an banyak di jelaskan bahwa penyakit atau musibah itu karena ulah dari manusia itu sendiri, seperti dijelaskan dalam Al Qur’an “Maka bagaimanakah halnya apabila mereka (orang-orang munafik) ditimpa sesuatu musibah disebabkan perbuatan tangan mereka sendiri”,An Nisa’ 4

Dan apabila Kami rasakan sesuatu rahmat kepada manusia, niscaya mereka gembira dengan rahmat itu. Dan apabila mereka ditimpa suatu musibah (bahaya) disebabkan kesalahan yang telah dikerjakan oleh tangan mereka sendiri, tiba-tiba mereka itu berputus asa”. Ar Ruum 36

 “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)”.Asy Syuuro 30

Maka mereka merasakan akibat yang buruk dari perbuatannya, dan adalah akibat perbuatan mereka kerugian yang besar”. Ath Thalaaq ,9 Jadi kalau kita sakit, atau ada musibah dari Allah yang di berikan kita, kita hendaknya intropeksi diri apa yang sudah kita lakukan?, apa ada kesalahan – kesalahan yang kita perbuat, apa ada kita menyakiti orang lain, apa ada hati kita selalu jengkel terhadap seseorang terutama keluarga kita, anak kita, istri, suami, orang tua. Awal tumbuh penyakit itu  karena kita sering jengkel, emosi, selalu tidak cocok, iri, dengki. Dari kejengkelan dan emosi yang di pendam itulah muncul bermacam- macam penyakit karena hati kita sudah sakit”. Acara selesai pada pukul 23.40 WIB ditutup dengan doa bersama dan istighfar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts