Lima Cara Bersyukur Paling Mudah

Oleh : Arya

Assalamu’alaikum Warahmatullahhi Wabarakatuh.Puji beserta syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan beribu-ribu nikmat. Tidak lupa solawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, beserta sahabat. Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya, dan mendapat petunjuk hingga hari kiamat nanti.

Bersyukur merupakan wujud terima kasih seorang hamba kepada Tuhan atas segala nikmat yang telah Dia limpahkan dan berikan kepada kita. Nikmat dapat berbentuk banyak hal, mulai rezeki materi, keluarga yang harmonis, dan nikmat sehat yang selalu diingkan semua orang.

Bersyukur kepada Allah bisa diterapkan dalam wujud ucapan maupun perbuatan. Allah berjanji akan melipatgandakan pahala bagi umat Muslim yang senantiasa selalu bersyukur. Menerima takdir dengan iklhas, lapang dada, dan tidak banyak mengeluh menjadi contoh wujud syukur kita atas nikmat yang telah Allah berikan. Ingat bahwa banyak orang yang mungkin masih tak seberuntung kita sehingga coba untuk selalu mengucapkan syukur dan mengurangi rasa iri serta dengki. Ada beberapa cara untuk membantumu agar selalu bersyukur kepada-Nya, satu di antaranya selalu mengingat Allah dalam hati. dikutip dari laman DalamIslam dan Hijrahdulu

  1.  Selalu Mengingat Allah dalam Hati

Cara paling mudah bagi seorang Muslim untuk bersyukur kepada Allah SWT adalah dengan senantiasa mengingat Allah di dalam hatinya. Selalu mengingat Allah kapan pun dan di mana pun kamu berada. Sejatinya, kita harus menyadari bahwa diri kita ini Allah yang menciptakan. Alam semesta yang indah, udara yang kita hirup, makan-makanan baik dari tumbuhan atau hewan, serta orang-orang di sekitar kita yang sayang dengan kita, semua adalah nikmat dari Allah SWT. Oleh sebab itu, jagalah hati kita setiap detik untuk mengingat kebesaran-Nya

2. Selalu Mengingat Janji Allah, Allah Maha Mengetahui apa yang dilakukan dan diinginkan umat-Nya. Satu di antara cara bersyukur kepada Allah adalah selalu mengingat janji yang telah Allah berikan. Allah Maha menyukai dan menjaga umat-Nya yang selalu bersyukur. Karena janji Allah untuk orang yang selalu bersyukur, mereka akan terhindar dari azab-Nya di masa yang akan datang. Selain itu surga menjadi jamninan utamanya.

3. Menjauhi Penyakit Hati

Penyakit-penyakit yang mucul dari dalam hati dapat membuat seorang Muslim menjadi tidak bersyukur dan kufur akan nikmat yang telah Allah limpahkan serta berikan kepada umat-Nya.

Dengan itu, kita harus dapat memberishkan hati dari hal-hal buruk seperti riya’, iri, dengki, dan takabur. Untuk membersihkan hati, kaum Muslimin dapat memulai dengan membaca Al-Qur’an, mengikuti kajian-kajian Islam, dan menjauhi hal yang tidak benar.

4. Mengingat Akibat jika Berpaling dari Allah SWT

Cara bersyukur kepada Allah berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan selalu mengingat akibat yang terjadi jika mengingkari dan berpaling dari Allah SWT. Jika sebagai umat-Nya selalu mengeluh, niscaya Allah Akan memberikan celaka di dalam hidupnya. Maka itu, apa pun itu yang dirasakan, setiap umat Muslim harus selalu bersyukur dan menyerahkan semuanya kepada Allah SWT.

5. Mengucapkan Terima Kasih kepada Orang Lain

Satu di antara cara mensyukuri nikmat Allah adalah selalu berterima kasih kepada orang lain. Dengan mengungkapkan rasa syukur lewat ucapan atau lisan inilah bisa dijadikan sebagai bentuk dari upaya bersyukur kepada Allah SWT. Sesungguhnya Allah akan memberikan kemuliaan kepada umat-Nya yang selalu bersyukur kepada-Nya. Maka itu, jangan pernah lelah mengucap kata terima kasih terhadap sesama.

6. Meningkatkan Ketakwaan

Bersyukur tidak hanya dilakukan lewat hati dan lisan saja, namun hendaknya juga diwujudkan lewat perbuatan. Satu di antaranya dengan cara menjadi pribadi yang bertakwa. Menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Misalnya dengan taat menjaga salat lima waktu, melaksanakan zakar fitrah, membaca Al-Qur’an, menjalani puasa ramadan, dan mejauhi hal-hal yang berbau maksiat serta tercela. Dengan itu, rasa syukur akan selalu berada di benak kita, Allah juga akan selalu menyertai kehidupan yang kita jalani.

7. Beramal kepada Orang yang Membutuhkan

Memberikan amal kepada orang lain yang lebih membutuhkan menjadi wujud syukur yang kita berikan kepada Allah SWT. Hal tersebut sebagai wujud terima kasih kita kepada-Nya atas limpahan rezeki yang tiada henti. Oleh sebab itu, kita tidak boleh melupakan beramal atau bersedekah. Besar kecil nominalnya tidak menjadi masalah, asalkan kita ikhlas maka Allah pasti mencatat amal dan memberikan kita pahala.

8. Jangan Selalu Melihat ke ‘Atas’

Cara bersyukur kepada Allah berikutnya adalah selalu bersikap ikhlas tehadap pemberiannya, hal tersebut juga meliputi tidak iri kepada nikmat yang dimiliki orang lain. Jangan hanya melihat kehidupan orang-orang yang lebih kaya, lebih sukses atau lebih rupawan dari kita. Tetapi, juga lihatlah kehidupan orang di bawah kita. Orang-orang yang serba kekurangan, orang yang mungkin fisiknya kurang sempurna, atau mereka yang hidup sendirian. Dengan mengeluh terus-menerus membuatmu tidak pernah bersyukur kepada Allah SWT.

Untuk itu ini, saya mengajak saudara Ma’had  RY semua untuk tetap semangat dalam mengkaji semua ilmu-ilmu itu yang akan berguna untuk hidupan kita dan jangan lupa bersyukur apa yang sudah diberikan oleh Allah pada kita.

Sekiranya cupuk ini yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum wr.wb

Tinggalkan Komentar