2 Keistimewaan Bulan Dzulqa’dah

Oleh : Egi Dwi

Saat ini umat Islam sudah memasuki hari kedua bulan zulkaidah atau bulan kesebalas dalam kalender Islam. Lantas, apa keistimewaan Bulan Dzulqa’dah?

Pertama, Dzulqa’dah merupakan salah satu di antara empat bulan yang dimuliakan (asyhurul hurum). Bahkan, bulan ini menjadi permulaannya. Tiga bulan lainnya adalah Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. 

Dalam Al-Qur’an Surat At-Taubah (9) ayat 36: 

Artinya: “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, sebagaimana dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan yang diagungkan (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab)” (QS at-Taubah: 36). 

Bulan ini diberi nama Dzulqa’dah karena masyarakat Arab tidak berangkat perang di bulan ini (qu’ud ‘anil qital). Maka dari itu marilah kita memperbanyak mengingat allah swt dibulan bulan yang agung ini. Banyak cara dalam mengingat allah swt tidak perlu ribet” cukup perbaiki hubungan kita dengan manusia dan membuat saudara” kita seneng.

Kedua, Dzulqa’dah adalah 30 malam yang disebutkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dalam firman-Nya Artinya: “Dan Kami telah menjanjikan kepada Musa untuk memberikan kepadanya kitab Taurat setelah berlalu tiga puluh malam (bulan Dzulqa’dah), dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh malam lagi (sepuluh malam pertama bulan Dzulhijjah), maka sempurnalah waktu yang telah ditentukan Tuhannya menjadi empat puluh malam. Dan Musa berkata kepada saudaranya, yaitu Harun, “Gantikanlah aku dalam memimpin kaumku, dan perbaikilah dirimu dan kaummu, dan janganlah engkau mengikuti jalan orang-orang yang berbuat kerusakan” (QS al-A’raf: 142).

Sebagai seorang muslim di era sekarang ini banyak sekali faktor yang membawa kita terhasut hal-hal negatif tanpa kita sadaripun banyak sekali perbuatan kita yg tercela maka marilah perbanyak istigfar serta perbaiki ibadah kita.

Tinggalkan Komentar