Beberapa Alasan Mengapa Kita Dianjurkan Sedekah di Bulan Muharram

sabilillah sedekah

LAZIS Sabilillah – Bersedekah termasuk salah satu ibadah sunah yang dianjurkan pada bulan Muharram. Sebagai tahun baru bagi umat Islam, Muharram sudah dianggap layaknya hari raya. Oleh sebab itu, untuk merayakannya dapat dilakukan dengan cara bersedekah.

Nabi Muhammad Saw. Bersabda melalui riwayat Bukhori bahwa hari asyuro merupakan hari dimana Allah Swt. akan mengangkat derajat bagi mereka yang bersedekah kepada anak yatim serta mengusap kepalanya.

“‘Siapa yang mengusapkan tangannya pada kepala anak yatim, di hari Asyura’ (tanggal 10 Muharram), maka Allah akan mengangkat derajatnya, dengan setiap helai rambut yang diusap satu derajat. Saya dan orang yang menanggung hidup anak yatim seperti dua jari ini ketika di surga.’ Beliau berisyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah, dan beliau memisahkannya sedikit.” (HR. Bukhari)

Sementara itu, Seperti ditulis oleh Rikza Chamami dalam “Kemuliaan Bulan Muharram Menurut KH Sholeh Darat.” Dalam kitab Lathaifut Thaharah wa Asrarus Shalah karangan KH Sholeh Darat, disebutkan bahwa awal Muharram adalah tahun barunya seluruh umat Islam.

Adapun tanggal 10 Muharram adalah ‘Hari Raya’ yang digunakan untuk bergembira dengan shadaqah.” “Hari raya ini adalah untuk mensyukuri nikmat Allah, bukan hari raya dengan shalat. Tetapi hari raya dengan pakaian rapi dan memberikan makanan kepada para faqir,” demikian penjelasan di kitab karya KH Sholeh Darat.

Selain puasa dan sedekah, beberapa ibadah sunah lain yang dianjurkan untuk diperbanyak selama bulan Muharram adalah salat, menyambung silaturahmi, membaca surah Al-Ikhlas sebanyak 1.000 kali, dan lain sebagainya. Anjuran ini dijelaskan dalam kitab Kanzun Naja was Surur Fi Ad’iyyati Tasyrahus Shudur karya As-Syaikh Abdul Hamid.

Itulah alasan mengapa kita harus memanfaatkan bulan Muharram untuk bersedekah, terutama kepada anak yatim.

Sebelumnya, LAZIS Sabilillah pada Muharram ini akan mengadakan Santunan & Gala Dinner 250 Yatim Dhuafa pada 10 Muharram 1444 H / 10 Agustus 2022 M di Ocean Garden Resto Jalan Soekarno Hatta Kota Malang. Mari dukung dengan memberikan 200 rb/paket santunan.

Mari dukung campaign Gala dinner klik disini

Tinggalkan Komentar