Ketahui Tujuan Hidup di Dunia, Agar Tak Salah Melangkah

Oleh; Mursit Siyamudin

Saudara seiman sekalian, sebagai makhluk hidup dimuka bumi ini kita perlu mengetahui untuk apa hidup ini. Tujuan hidup manusia yang diterangkan dalam surat al-ashr ada  4; beriman, berbuat baik, menegakkan kebenaran, dan melatih kesabaran. Keempat hal ini hendaknya dilaksanakan oleh setiap manusia agar hidupnya tidak merugi.

Sebagai makhluk yang paling sempurna, manusia memiliki banyak kelebihan dibandingkan makhluk ciptaan Allah swt yang lainnya, kita diberikan akal pikiran untuk berfikir, dan lain sebagainya. Namun masih banyak dari manusia itu yang tidak menyadari untuk apa ia diberikan semua ini.

Allah swt berfirman

وَمَا خَلَقْتُ ٱلْجِنَّ وَٱلْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Artinya; Dan aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi/beribadah kepada-Ku (Allah swt).

Ini adalah tujuan hidup kita yang sebenarnya yaitu untuk menghambakan diri kepada Allah Swt, untuk beribadah dan menyembah kepadanya.

Dalam firman lain Allah swt berkata;

Yang Artinya; Apakah manusia mengira mereka hidup di duinia begitu saja tanpa ada tujuan sebenarnya?

Tentu jawabannya tidak, manusia adalah makhluk yang berbeda dari binatang, jin, malaikat, dan makhluk lainnya, manusia tidak hidup hanya untuk bersenang-senang, melampiaskan hawa nafsu, makan minum, dan masih banyak lainnya, namun manusia lebih mulia daripada itu.

Marilah kita melangkahkan kaki untuk menuju kepada rahmat Allah swt , agar apa yang telah allah swt perintahkan dapat kita laksanakan semuanya.

Salah satu bentuk ibadah adalah zakat, infaq maupun sedekah. Allah swt telah memerintahkan kepada manusia agar berbuat sebagaimana hal diatas, agar apa yang didapatkan manusia di dunia menjadi berkah.

LAZIS Sabilillah siap menerima dan menyalurkan Sebagian harta umat muslim semua, dengan berbagai macam menu sedekah  hingga pelayanan yang sangat kompleks hadir untuk melayani para dermawan sekalian. Mau Zakat, Infaq, Sedekah? LAZIS Sabilillah aja…

Tinggalkan Komentar