Momen LAZIS Sabilillah Gerak Cepat Bantu Musholla Rusak Karena Longsor

LAZIS Sabilillah – Bencana Alam Malang selatan belum usai. Banyak warga yang masih mengalami efek dari bencana yang melanda Oktober lalu. Seperti halnya di Dusun Kedungbanteng Atas, Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Sejumlah bangunan seperti musholla dan sekolah belum berhasil dievakuasi akibat hujan deras yang kian mengguyur desa tersebut. Akibatnya, luapan mengalami kerusakan.

Mustain, tokoh masyarakat setempat, membenarkan kejadian tersebut. Ia menjelaskan bahwa longsor diawali dengan hujan lebat pada sepanjang malam. Hingga pagi hari hujan hanya sedikit mereda.

Saluran irigasi diketahui tak mampu menahan air hingga meluber ke badan jalan. Luapan air yang begitu banyak sehingga menyebabkan tanah longsor, apalagi bentuk tanah di lokasi tersebut mudah longsor.

Selain rumah warga yang terdampak, salah satu Musholla di desa tersebut juga hancur karena runtuhan tanah yang longsor itu. Padahal, warga sangat menggantungkan Musholla tersebut untuk berjamaah dan mengaji Quran.

“Musholla yang biasanya menjadi tempat belajarnya Al-Quran khusus lansia kini sudah rusak dan tidak bisa ditempati lagi. Selain itu, satu makam atau kuburan mengalami kerusakan,” ungkap ketua LAZIS NU Sumbermanjing Wetan tersebut pada Senin (14/11).

Ia menjelaskan, sampai saat ini Musholla itu belum bisa dievakuasi. Diantara penyebabnya adalah hujan deras yang kian mengguyur desa tersebut.

“Sudah ada alat berat yang turun. Namun, hujan deras jadi kendala. Akhirnya, pengerjaan berhenti lagi,” tuturnya.

Selain itu, kontur tanah lempung juga jadi hambatan dalam mengevakuasi Musholla itu. Selain mudah bergerak, tanah itu juga sulit untuk diangkat karena berlumpur.

Setelah mendengar hal itu, LAZIS Sabilillah bergerak cepat untuk membantu desa tersebut. Pihaknya memberikan dana suntikan awal untuk mengevakuasi tanah. Selan itu, 25 Quran juga diberikan untuk mengganti kitab yang rusak karena bencana tersebut.

“Tujuan kami kemari yaitu ingin membantu proses pembangunan Musholla yang terkena bencana alam (longsor). Semoga dengan sedikit bantuan ini, dapat menolong proses pembangunan Musholla tersebut,” ucapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga berencana untuk membantu mengawal pembangunan Musholla tersebut dengan cara menjadikannya sebagai program prioritas.

“Ini sebagai bentuk awal saja. Kedepan kami akan jadikan pembangunan ini sebagai campaign, yang kemudian bisa membantu warga sekitar untuk berjamaah kembali,” tuturnya.

Sebelumnya, Tim LAZIS Sabilillah Malang berkunjung ke Sumbermanjing Wetan pada Senin (14/11). Tim LAZIS Sabilillah Malang tiba di kantor MWC NU Sumawe dan diterima secara langsung oleh Ketua LAZIS NU Sumbermanjing Wetan, Musatain dan Bendahara Siti Nasihah.

Mari bantu pulihkan Musholla Kedungbanteng melalui klik donasi disini

Tinggalkan Komentar

Recent Posts