Perilaku Hidup Boros Menjadikan Teman Setan

hidup boros

Oleh: Mursyit Siyamudin

            Assalamu’alaikum wr wb. Teman-teman sekalian, perlu kita ketahui bahwa perilaku boros atau senang menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang tidak bermanfaat termasuk meniru perilaku setan.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat Al Isro’ ayat 26-27:

وَاٰتِ ذَا الْقُرْبٰى حَقَّهٗ وَالْمِسْكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيْلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيْرًا

اِنَّ الْمُبَذِّرِيْنَ كَانُوْٓا اِخْوَانَ الشَّيٰطِيْنِ ۗوَكَانَ الشَّيْطٰنُ لِرَبِّهٖ كَفُوْرًا

Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada tuhannya.” (QS. Al-Isra’: 26-27)

            Dari ayat diatas sudah jelas, bahwa mereka yang menghambur-hamburkan hartanya untuk sesuatu yang tidak jelas kemanfaatannya merupakan saudara setan dan termasuk mahluk yang ingkar kepada Allah SWT.

            Selain itu, Abu Hurairah berkata, Rasulullah Muhammad SAW bersabda :

“Sungguh Allah meridhoi 3 hal bagi kalian dan murka jika kalian melakukan 3 hal. Allah Ridho jika kalian menyembahnya tanpa disekutukan dengan apapun, Allah ridho jika kalian berpegang teguh pada tali Allah dan kalian saling menasehati terhadap para penguasa yang mengatur urusan kalian. Allah murk ajika kalian sibuk dengan desas-desus, banyak menanyakan pertanyaan yang tidak berguna, serta membuang-buang harta”. (HR. Muslim no. 1715)

            Termasuk perbuatan boros atau menghamburkan harta apabila seorang menghabiskan waktu untuk bersosial media yang tidak berguna, contohnya seperti bermain game, scrool Instagram, facebook, twitter dan lain sebagainya yang tidak diketahui apa manfaatnya, bahkan jika sampai menggunakan internet untuk berbuat maskiat. Astagfirullah hal’adzim..

            Maka dari itu teman-teman semua, marilah bijak dalam mengelola harta kita masing-masing, setelah mendapatkan gaji jangan lupa untuk selalu menabung walaupun sedikit, jangan lupakan sedekah karena dengan sedekah Allah akan menjaga harta kita dari sesuatu yang buruk.

             Sedekah semakin mudah di LAZIS Sabilillah Malang, Lembaga amil zakat dibawah naungan BAZNAS Kota Malang. Tinggal klik lazissabilillah.com kita bisa memilih menu sedekah yang kita inginkan. LAZIS Sabilillah Mantab Di Hati.

Wassalamu’alaikum wr wb.

Tinggalkan Komentar