Sholat Solusi Permasalahan Keluarga

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Secara umum, Islam sebenarnya telah mengatur dan memiliki petunjuk dalam upaya membina sebuah rumah tangga yang harmonis dan diberkahi juga diridhai Allah SWT. Tuntunan agama dapat menghindarkan sebuah rumah tangga dari perceraian. Mengingat, tingkat perceraian masih cukup tinggi di kalangan masyarakat.

Sekalipun kita mengalami masalah dalam rumah tangga hendaknya semua itu diselesaikan diatas sajadah terutama dengan sholat berjamaah.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : صل فإن في الصلاة شفاء :رواه أحمد

Rasulullah SAW berkata “sesungguhnya di dalam shalat terdapat (penyembuh untuk jiwa dan raga).Dengan sholat kita akan dicatat sebagai orang yang terbebas dari siksa api neraka dan terbebas dari kemunafikan

Penyakit hati selalu menjadi masalah utama dalam membina keluarga. Salah satu akarnya ialah niat. Niat ini termasuk niat awal saat hendak membangun sebuah rumah tangga. Seseorang yang menikah atau orang yang memutuskan diri untuk menikah. Niat karena Allah berarti seorang Muslim tersebut ingin mendapatkan pahala, menjaga kehormatan dirinya, dan takut terjerumus ke perbuatan maksiat.
Disisi lain, sholat berjamaah juga menjadi perantara dalam menjaga keharmonisan sebuah rumah tangga. Sesuai sabda baginda Rasullah SAW :


قال رسول الله صلى الله عليه وسلم (منْ صَلَّى لِلَّهِ أَرْبَعِينَ يَوْمًا فِى جَمَاعَةٍ يُدْرِكُ التَّكْبِيرَةَ الأُولَى كُتِبَتْ لَهُ بَرَاءَتَانِ بَرَاءَةٌ مِنَ النَّارِ وَبَرَاءَةٌ مِنَ النِّفَاقِ: رواه الترمذي)

Rasulullah SAW berkata “barangsiapa yang melaksanakan shalat karena Allah selama empat puluh hari secara berjamaah, ia tidak luput dari takbiratul ihram bersama imam, maka ia akan dicatat terbebas dari dua hal yaitu terbebas dari siksa neraka dan terbebas dari kemunafikan.” (HR. Tirmidzi).

Kita sering meliat semua masalah berantakan dalam rumah tangga berawal dari istiqomahnya sholat amggota keluarga tersebut. Jika keistiqomahan sudah terjaga tapi masih berantakan, kita lihat dari tingkat kualitas sholat tersebut.
Dalam melaksanakan sholat memiliki tingkat keikhlasan:
Level 1: orang yang mengerjakan sholat pada level ini hanya menginginkan ridho dari Allah SWT.
Level 2: orang yang mengerjakan sholat pada level ini karena menginginkan bagian dari akhirat seperti terbebas dari siksaan api neraka.
Level 3: orang yang mengerjakan sholat karena menginginkan bagian dari duniawi seperti dilapangkan rizki

Disamping itu, shalat juga membuat keluaga sehat dan kuat. Penelitian terkini yang dilakukan oleh ilmuan Malaysia menemukan, bahwa shalat itu bisa menjadikan fisik semakin sehat dan kuat. Dengan catatan, shalatnya baik dan bagus, sesuai dengan tuntunan Muhammad SAW‎, bukan sekedar shalat mengugurkan kewajiban. Dalam pandangan agama, shalat itu benar-benar dilaksanakan dengan niat ibadah kepada Allah SWT.

Prof. Dr. Wan Azman Ahmad, konsultan spesialis jantung UM (Universitas Malaya) Malaysia Medical Centre, mengemukakan “12 rakaat shalat sama dengan 30 menit olahraga ringan” sebagaimana yang dianjurkan ahli-ahli kesehatan.
Yang lebih menarik dalam penelitian tersebut ialahhalat yang sempurna mampu menyembuhkan disfungsi ereksi kaum lelaki. Masih menurut peneliti’ percobaan yang kami lakukan terhadap dua orang pasien disfungsi ereksi, menunjukan perbaikan yang sangat cepat (kesehatan seksual), seteah menajalani terapi shalat selama sebulan penuh.

Notulensi Ngaji Virtual episode 2 setiap senin jam 19.30 Live zoom dan Youtube
bersama Ust. Abdul Adzim Irsyad, Lc (Ketua Lazis Sabilillah dan Dosen Bahasa Arab UM)

Leave a Replay